Pemprov Jatim
Home » Berita » Diklat Kompetensi Manajerial » Guru Besar UI dan Bupati Kutai Kartanegara Menjadi Narasumber Ceramah Tematik

Guru Besar UI dan Bupati Kutai Kartanegara Menjadi Narasumber Ceramah Tematik

Posting Tanggal 17 May 2014

Memasuki minggu ke-2 Diklat Kepemimpinan Tingkat II Angkatan ke XXVIII Pemerintah Provinsi Jawa Timur mulai diperkaya dengan Ceramah Tematik dengan mendatangkan nara sumber para pakar  dan praktisi pemerintahan yang berskala nasional. Pada hari Kamis, bertepatan dengan tanggal 4 Oktober 2012, Badan Diklat Provinsi mengundang pakar ekonomi kerakyatan Prof. Dr. Sri Edi Swasono dan Bupati Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, Rita Widyasari, S.Sos.,MM.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Dr. Sri Edi Swasono menyampaikan paparan materi dengan topik Tahta Untuk Rakyat, Butir-Butir Kepemimpinan dan Konsepsi Negara Pengurus. Guru Besar Universitas Indonesia ini memulai paparannya dengan menguraikan secara mendasar tentang krisis kepemimpinan di Indonesia. Dalam penjelasannya lebih lanjut beliau menguraikan tentang paradigma dan adagium kepemimpinan yang diangkat dari perspektif tradisional-kultural Indonesia, sampai dengan uraian yang sangat lengkap tentang gaya dan sikap kepemimpinan yang dibutuhkan untuk konteks kekinian dan ke-Indonesia-an.

Sementara itu, Rita Widyasari, S.Sos.,MM. memaparkan tentang profil kepemimpinan di daerah dengan berbagai permasalahan mutakhir yang dihadapinya. Dalam penjelasannya Bupati Kutai Kartanegara ini menguraikan tentang kompetensi dasar efektifitas kepemimpinan serta kearifan lokal dalam kepemimpinan di daerah. Bupati yang sedang menempuh Program Doktor di Malaysia ini mengakhiri paparannya dengan menjelaskan program-program pengembangan kapasitas pemerintahan  di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kedua nara sumber mendapat apresiasi yang sangat besar dari para peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat II angkatan ke XXVIII dengan mengajukan berbagai pertanyaan yang tajam dan analitis.

Hak Cipta Badan Pendidikan Dan Pelatihan Provinsi Jatim 2014