BERITA BERITA UMUM

CERAMAH TEMATIK GUBERNUR JAWA TIMUR Dr. H. SOEKARWO

Posted 11 May 2014

Gubernur Jawa Timur Dr H Soekarwo memberikan paparan dan ceramah tematik kepada peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat II dan III di Badan Diklat Provinsi Jawa Timur Jl Balongsari Tama Surabaya pada hari  jumat, 25 Maret 2011.

Selama dua jam lebih Soekarwo memaparkan kondisi umum Jawa Timur saat ini, struktur perencanaan pembangunan, evaluasi kinerja, permasalahan yang sedang dihadapai dan strategi yang ditetapkan. Dikatakan Gubernur, kondisi umum Jawa Timur saat ini jumlah penduduknya 37.476.011 orang dengan laju pertumbuhan penduduk 0,49 persen, sementara kepadatan pendudu 782/km2. Jawa Timur yang mempunyai pelabuhan besar di Tanjung Perak Surabaya merupakan pintu gerbang pergerakan barang dan jasa ke/dari kawasan Indonesia Timur.

 

Struktur perencanaan pembangunanannya Jawa Timur yang merupakan pusat agrobis terkemuka, mampu bersaing secara global yang berkelanjutan saat ini sedang menuju masyarakat Jawa Timur makmur tetapi beraklak dalam kerangka NKRI. Misinya “ Mewujudkan makmur bersama wong cilik melalui APBD untuk rakyat “. Pembangunan Jawa Timur antara lain memprioritaskan peningkatan akselebilitas dan kualitas pelayanan pendidikan. Selain itu juga peningkatan aksebilitas dan kualitas pelayanan kesehatan serta perluasan lapangan kerja, peningkatan efektifitas pengurangan kemiskinan.

Ditekankan Gubernur, agar semua target pembangunan tercapai, perlukan adanya komitmen pada semua stakeholde melalui perannya masing-masing dalam merealisasikan strategi pepercepatan pencapain. Target Indikator kinerja utama Prpvinsi Jawa Timur pada 2011 diutamakan pada sektor kenyamanan berinvestasi, reformasi birokrasi terkait pelayanan perijinan. Kemudian target utamanya kebijkan fiskal yang berpihakkepada rakyat, khususnya pada pelayanan sosial dasar, pendidikan dan kesehatan.
Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Prov Jawa Timur Drs Saiful Rachaman MM MP.d, mengatakan, Diklat kepemimpinan tingkat II angkatan 23 yang akan berlansung selama 10 minggu dikuti oleh 143 orang peserta terdisi dari laki-laki 122 orang dan perempuan 21 orang. Para peserta tersebut berasal dari istansi pusat, daerah dan istansi vertikal dari seluruh Indonesia.

Para peserta terdiri dari lembaga pemerintah non Kementerian, Kementerian hukum dan ham 7 orang. Badan pengawas keuangan dan pembangunan 3 orang, Kementerian kejaksaan RI 10 orang dan BKKBN 1 orang. Diklat kepemimpinan ini mengambil tema ” Akselerasi sinergi istansi pemerintah dalam mewujudkan pembangunan berkeadilan “.

BERITA TERKAIT