BERITA BERITA UMUM

Badan Diklat Provinsi Jawa Timur Siap Melaksanakan Orientasi Bagi Anggota DPRD Periode 2014-2019

Posted 08 Jul 2014

Bertempat di ruang Sasana Wiyata Praja Badan DIKLAT Provinsi Jawa Timur, pada tanggal 16 juli 2014, telah berlangsung Rapat Koordinasi  Persiapan Pelaksanaan Orientasi Bagi Anggota DRPD Kabupaten/Kota Periode Tahun 2014-2019. Rapatkoordinasi ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 160/3559/SJTentang Petunjuk Teknis Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD Kabupaten/Kota, dimana Badan Diklat Provinsi Jawa Timur diberikan amanat sebagai salah satu penyelenggara kegiatan orientasi bagi anggota DPRD Kabupaten/Kota se Jawa Timur periode 2014-2019.

Rapat yang diikuti oleh Sekretaris DPRD dari 38 Kabupaten/Kota se Jawa Timur beserta jajarannya tersebut diisi oleh nara sumber dari Pusat Diklat Manajemen dan Kepemimpinan Pemda Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Dalam Negeri. Dalam Sambutannya, Kepala Badan DIKLAT Provinsi Jawa  Timur, Dr. Saiful Rachman, MM., M.Pd. menegaskan kesiapan Badan DIKLAT Provinsi Jawa Timur untuk melaksanakan kegiatan orientasi dimaksud. Menurut beliau, Badan DIKLAT akan mengerahkan segala kemampuannya sebagai penyelenggara pendidikan dan pelatihan yang telah mendapatkan akreditasi dari Lembaga Administrasi Negara dan sertifikasi ISO 9001:2008. Beliau menambahkan, bahwa  pengalaman panjang Badan DIKLAT dalam melaksankan program pendidikan dan pelatihan aparatur, akan menjadi jaminan bagi penyelenggaraan orientasi bagian anggota DPRD yang lebih   prima disertai dengan kendali mutu akademik yang professional.

Dalam rapat dimaksud juga disepakati beberapa hal penting antara lain kesiapan Sekretariat DPRD Kabupaten/Kota se Jawa Timur untuk bekerja sama dengan Badan DIKLAT Provinsi Jawa Timur dalam penyelenggaraan Orientasi maupun Pendalaman Tugas bagi anggota DPRD setempat karena selain memiliki jaminan mutu akademik, juga secara adminsitrasi akan lebih akuntabel, mengingat pola penganggarannya yang bersifat government to government.

Kegiatan yang diperkirakan akan dimulai pada minggu ke empat bulan Agustus 2014 dimaksud akan diikuti oleh sekitar 1500 lebih anggota DPRD, yang akan dilaksanakan di sebuah hotel berbintang di kota Surabaya. (rm)

BERITA TERKAIT