BERITA BERITA UMUM

ASSESSMENT CENTER FASILITASI ASSESSMENT KOMPETENSI PEJABAT KOTA BONTANG

Posted 11 May 2014

Sebanyak 130 orang pejabat di lingkungan Kota Bontang yang terdiri dari 64 orang pejabat eselon III dan 66 orang pejabat eselon IV mengikuti assessment (penilaian) kompetensi  yang dilaksanakan di Hotel Garden Bontang  selama 3 hari mulai Selasa - Kamis, 12 s/d 14 Juli 2011.

Kegiatan assessment kompetensi tersebut sepenuhnya difasilitasi oleh  Assessment Center Badan Diklat Provinsi Jawa Timur, yang tujuan dan kegunaan pelaksanaannya  mencakup :

 

  1.    Seleksi, promosi, rotasi   : digunakan untuk mendapatkan calon pejabat sesuai dengan kompetensi yang dipersyaratkan
  2.    Rencana pengembangan keahlian :  memberikan gambaran tentang kompetensi pegawai yang perlu dikembangkan sesuai persyaratan jabatan
  3.    Penentuan kebutuhan pelatihan : untuk memberikan gambaran yang diperlukan untuk pengembangan organisasi
  4.   Identifikasi kader-kader pimpinan : dari hasil assessment akan diperoleh sekelompok orang yang mempunyai keahlian tertentu (talent pool).

Kegiatan  assessment dibuka secara resmi oleh Walikota Bontang Ir. H. Adi Darma, M.Si serta dihadiri oleh Kepala BKD Kota Bontang yang juga Ketua Pelaksana uji kompetensi.  Dalam sambutannya, Walikota Bontang menandaskan bahwa assessment merupakan salah satu cara atau sistem Pemkot Bontang untuk mengetahui keberadaan pegawai, sehingga disaat membutuhkan SDM aparatur yang berkualitas, maka telah tersedia data tentang pejabat yang kompetensinya memadai. 

Lebih lanjut, walikota juga berharap agar seluruh  peserta assessment mengikuti kegiatan dengan serius dan menunjukkan kompetensi yang dimiliki semaksimal mungkin. Pelaksanaan assessment dilaksanakan dalam 3 tahap, yakni hari pertama psikometri dan tes tulis, hari kedua wawancara, sedangkan hari ketiga simulasi.  Secara umum pelaksanaan kegiatan berjalan dengan baik,  peserta mengikuti setiap sesi  kegiatan dengan serius dan tertib.

BERITA TERKAIT