Pemprov Jatim
Home » Berita » Diklat Kompetensi Fungsional dan Sosial Kultural » DIKLAT FUNGSIONAL PENGELOLAAN PANAS BUMI

DIKLAT FUNGSIONAL PENGELOLAAN PANAS BUMI

Posting Tanggal 17 May 2014

Jawa Timur adalah salah satu provinsi yang mempunyai potensi geothermal yang cukup banyak dan bagus di Indonesia, seperti di Ngebel Ponorogo, di Gunung Arjuno, Gunung Welirang di Mojokerto dan Pacitan, tetapi selama ini pengelolaannya belum optimal .

Oleh karena itu, diperlukan SDM yang kompeten di bidang  geothermal agar tidak tergantung dengan tenaga asing . Dalam hal ini pemerintah terus berupaya meningkatkan SDM dibidang geothermal ,demikian disampaikan ” Kepala Badan Diklat Provinsi Jawa Timur, Drs Saiful Rachman MM, MPd saat membuka Diklat Fungsional Pengelolaan Panas Bumi 2011 di Bandiklat Jatim.

 
penjelasan Dalam laporannya, Kepala Bidang Diklat Fungsional Bandiklat Provinsi Jawa Timur, Drs Bagus Pujiono, MPd mengatakan, tujuan diklat untuk menambah wawasan tentang kondisi lingkungan tatakelola dalam kegiatan pemanfaatan dan pengembangan panas bumi, sehingga para peserta sebagai operator tenaga panas bumi dapat melakukan pengelolaan, pengendalian, dan pengawasan dengan baik.

Diklat yang diikuti oleh 30 orang pegawai dari provinsi dan kabupaten/kota se-Jawa Timur yang dilaksanakan selama 10 hari sejak tanggal 15 sampai dengan 23 Pebruari 2011 ini, ditujukan  agar para peserta dapat memahami lingkup kerja eksplorasi, eksplotasi, dan pengembangan panas bumi secara terintregrasi.

Peserta Selanjutnya para peserta diklat nantinya diharapkan mampu memberikan bimbingan dan pembinaan terhadap masyarakat, tentang manfaat langsung dan tidak langsung terhadap  semua kegiatan eksplorasi serta eksploitasi potensi panas bumi secara menyeluruh terhadap masyarakat disekitar wilayah potensi dan pengembangan panas bumi. Selain mendapat materi di kelas, peserta juga mendapat materi pendukung  yaitu melakukan kunjungan lapangan di Chevron Geothermal Salak Ltd, Sukabumi Jawa barat pada tanggal 21 Pebruari 2011, guna mengetahui secara lansung pengelolaan dan pengembangan geothermal.

Hak Cipta Badan Pendidikan Dan Pelatihan Provinsi Jatim 2014