Pemprov Jatim
Home » Artikel » PACKAGING PRODUK UMKM "KESAN PERTAMA HARUS MENGGODA" - Drs. ZAENAL MUTAKIN, M.Si

PACKAGING PRODUK UMKM "KESAN PERTAMA HARUS MENGGODA" - Drs. ZAENAL MUTAKIN, M.Si

Posting Tanggal 18 Aug 2017
Kesan pertama begitu menggoda. Selanjutnya terserah Anda. Itulah pesan sponsor yang sering kita dengar pada sebuah tayangan iklan di televisi. Tapi kaitannya dengan produk yang dihasilkan oleh para perajin Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), seharusnya tidak saja pada kemasan yang terkesan harus menggoda, tapi rasa/kualitas/substansi produk yang dihasilkan juga tak kalah pentingnya guna kepuasan konsumen.
Menarik sekali apa yang disampaikan Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo dalam sambutannya, ketika membuka acara Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jatim Tahun 2017 dan Pelantikan Pengurus Dekranasda Provinsi Jatim Masa Bakti 2014-2019 di Ballroom Hotel Mercure Grand Mirama, beberapa waktu lalu. Pakde Karwo, begitu biasa beliau disapa, mendorong para perajin UMKM tingkatkan kualitas packaging/kemasan agar mampu memperkuat daya saing global. Peningkatan kualitas packaging itu juga harus didukung kreativitas, inovasi, memanfaatkan teknologi terbaru, serta berstandarisasi internasional. “Permasalahan serius yang dihadapi perajin lokal kita adalah masih rendahnnya kualitas pengemasan. Apalagi pemilik usaha sering kali memaksakan desain kemasannya meskipun tidak sesuai standar,” jelasnya. Selain packaging, masalah yang dihadapai perajin yakni disisi taste/rasa. Dicontohkan produk keripik pisang dari Lumajang tidak bisa masuk ke pasar luar negri sebab rasanya terlalu manis, sedangkan orang luar negeri menyukasi rasa agak masam.
Nah, core yang disampaikan Pakde Karwo sebenarnya ada dua yang harus dicermati. Masalah “kemasan” dan “rasa”yang kerap kali dihadapi oleh para pelaku UMKM dalam produksinya. Saya sependapat dengan pernyataannya Pakde Karwo. Namun tentunya sebagai tindak lanjutnya, saya mulai berfikir. “Bagaimana membuat kemasan yang menarik yang penuh daya krativitas dan inovasi dan rasa, substansi, bentuk, model yang aduhai?”

Berikut link artikel selengkapnya : Packaging Produk UMKM "Kesan Pertama Harus Menggoda" - Drs. Zaenal Mutakin, M.Si
Hak Cipta Badan Pendidikan Dan Pelatihan Provinsi Jatim 2014